7.12.11

Berbagi atau Mencari Untung ?

sumber gambar : the-marketeers.com
Blog ini, sekitar 2 tahun lalu ketika saya memulainya, dibuat untuk menuangkan ide-ide dalam narasi cerita pendek fiksi maupun fakta, beberapa kisah cinta, opini dan tidak sedikit catatan perjalanan ala backpacker. Seiring waktu tulisan mengalir mengikuti kemana arus inspirasi bergejolak, berontak dalam kepala yang sudah dipenuhi oleh harapan yang melankolis (nanti di waktu lain saya kan bercerita tentang hal satu ini).
Hingga hari ini, pun masih ada beberapa tulisan yang belum menemukan muaranya. Di samping waktu yang semakin padat akan tugas-tugas dari sekolah, juga pikiran saya sekarang sudah mulai sesak akan rencana menyusun konsep, variabel-variabel pendukung teori, mencoba menemukan hipotesa yang akan saya pakai dalam penyusunan tesis nantinya.
Belakangan, entah karena sebab apa, seiring waktu blog ini sedikit berubah haluan. Meski tidak jauh melarikan diri dari tujuan utama saya ketika pertama kali mendirikannya.
Alamatnya masih tetap sama, abuabujingga.blogspot.com, dua warna yang menurut saya mampu menggerakkan inspirasi sampai di titik didih kepala. “jejak tinta : karena hidup meninggalkan jejak” slogan dari tema yang  saya pakai mewakili sebuah arti perjalanan hidup yang kelak menciptakan sejarahnya sendiri. Dan, berubah haluan yang saya maksud di sini adalah sedikit mengubah cara berbagi. Bila dulu postingan hanya sebatas pada cerita, sekarang saya mencoba berbagi postingan ebook, artikel, jurnal ataupun handbook. Hanya bedanya dengan perpustakan online, saya hanya ingin berbagi handbook yang bertema ilmu kebumian. Ya, ini karena saya seorang pelajar di bidang ilmu kebumian tentunya hanya buku-buku itu yang saya punya J. Buku-buku tersebut saya dapatkan dari berbagai sumber hasil penjelajahan di dunia maya, ditambah dengan barteran koleksi buku dengan teman. Terus menyimpannya di sebuah e-Storage, me-shortlink-kannya di adf.ly, lalu mengkaitkan shortlink tadi dengan buku yang diposting di blog. Harapan saya, semoga dapat membantu orang yang sedang membutuhkan pustaka tersebut. Sebenarnya apa yang saya lakukan ini didasari oleh dua hal. Pertama: rasa sakit hati pada banyaknya situs penyedia jurnal/artikel yang meminta kontribusi kepada pengunjung web yang ingin mendownload ataupun hanya sekedar membaca, yang sebelumnya pengunjung diharuskan terlebih dulu mendaftarkan diri di situsnya. Marginalisasi pengetahuan menurut saya. Hal yang wajar, memang perlu, mengingat kontribusi tersebut diperuntukkan untuk si pemilik (author-red) artikel maupun jurnal. Tapi bagaimana dengan library online milik negeri sendiri? Negeri yang notabene sangat jauh tertinggal dari banyak bangsa lain. Jika ingin memajukan anak negeri, cara seperti itu mestinya tidak harus dilakukan. Anggap saja salahsatu bentuk pengorbanan untuk memajukan bangsa dari ketertinggalan. Kedua: berangkat dari alasan yang pertama, keinginan untuk ikut serta dan menjadi bagian dalam kemajuan pendidikan putra-putri negeri dalam memenuhi janji kemerdekaan : Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.
Oriented for Share and Profit
Berbagi sambil mencari untung. Mungkin seperti itu “berubah haluan” yang saya maksud. Dengan Blog ini saya mencoba berbagi, sambil iseng-iseng mencari untung. Seperti halnya blog internet marketing pada umumnya yang ingin menarik pengunjung blog sebanyak-banyaknya, saya juga berharap agar blog ini mampu melakukan hal yang sama. Traffic blog meningkat tergantung dari isi atau content blog tersebut, setidaknya hal ini mampu menarik para advertiser untuk memasang iklan barang/jasa yang mereka tawarkan dengan imbalan berupa uang yang bisa kita dapatkan. Prosesnya tidak mudah, toh semuanya dilihat dari kerja keras para publisher blog. Adapun berbagi yang saya lakukan, adalah dengan menyimpan file yang akan dibagikan pada sebuah e-Storage yang juga menawarkan imbalan yang sama. Apa ini termasuk perbuatan marginalisasi juga?Bagi saya tidak, tapi terserah bagi para pengunjung dan pembaca blog ini saja yang menilai. Bagaimanapun, saya akan tetap melanjutkan langkah dan meninggalkan jejak.
.. karena hidup untuk berbagi ...














0 comments:

Post a Comment