16.6.08

KEPADAMU SARJANA!!


Life is Just ‘Begun’…(Queen)

Hidup baru saja dimulai!..Ya, sebaris lirik lagu dari band Queen diatas sekilas seperti ucapan yang biasa diperuntukkan kepada sepasang pengantin baru..

“ Selamat menempuh hidup baru “, hampir tak jauh berbeda dengan maksud yang tersampaikan pada sebaris lirik lagu tadi. Hidup baru saja dimulai ato’ selamat menempuh hidup baru, tentu saja bukan diperuntukkan untk seorang bayi yang baru lahir, orang yang baru saja mati dan berpindah ke alam lain,.. ato’ orang yang baru saja pindah ke rumah yang baru (?!?)—

Tapi, baiknya ditujukan pada teman yang baru saja menyelesaikan studinya di perkuliahan yang nota bene sebuah emban suci yang dititipkan oleh kedua orang tuanya..Tepatnya diperuntukkan untuk orang yang telah SARJANA!!

SARJANA. Orang-orang yang terpilihkah mereka? Terpilih karena sudah mengantongi 144 sks ato’ lebih? Orang-orang yang mempunyai IPK kurang dr 3.00 ato’ lebih? Orang-orang yang memiliki kecerdasan analisis yang mereka tuangkan dalam ketikan beribu karakter skripsi? Walaupun setebal laporan lengkap ato’ lebih mirip makalah? Orang-orang yang telah berjuang menghabiskan waktu, tenaga, serta biaya yang tak terhitung jari jumlahnya? Ato’ hanya sebagai ‘komoditi’ pabrik tenaga kerja dari perusahaan bernama kampus?


ITUKAH SARJANA?? Jawabannya Ya dan Tidak. Tergantung pertanyaan mana yang sependapat dengan kita. Tetapi secara garis besar saya berpendapat, Ya! Kenapa? Karena beberapa hal di atas adalah proses seorang mahasiswa yang kelak menjadi seorang sarjana dan akhirnya berpredikat sebagai seorang alumni.

Trus.. klo sudah jadi alumni dan menjadi seorang yang sukses [pekerjaan, keluarga, dan akhlak], apakah mereka masih menjadi orang-orang yang terpilih? Terpilih karena mereka beruntung? BENARKAH DEMIKIAN?

Orang-orang terpilih, bukan berarti mereka adalah orang-orang yang beruntung. Walaupun terkadang keduanya saling melengkapi, tetapi banyak faktor yang menjadikan seseorang menjadi orang yang terpilih. Salahsatu yang saya pilih, LOYALITAS! Tidak semua orang bisa mempertahankan ke LOYALITASannya selama masih berstatus MAHASISWA. Ada yang cuma mengaku loyal,..tidak tau bagaimana untuk loyal,..sampai ada yang tidak mengerti sama sekali tentang loyal. LOYAL terhadap segala sesuatunya, apakah itu persahabatan, pendirian karakter, kecerdasan intelektual, persaudaraan, pacar, pekerjaan/kuliah, tugas, amanah, dan banyak lagi.. Dan hanya orang-orang yang mampu mempertahankan ‘loyal’ kesemuanya yang ternyata menjadi orang-orang yang terpilih. Beda dengan orang-orang yang beruntung, biasanya mereka selalu diuntungkan dengan kondisi, situasi, dan pasang surut tensi’ orang-orang disekitarnya. Namanya juga beruntung! Sehingga bila orang yang terpilih dan orang yang beruntung dihadapkan pada suatu kenyataan pahit dalam hidup, maka orang-orang yang terpilihlah yang akan menjadi pemenang, dalam artian mereka akan mampu keluar dari masalah dengan kepala tegak! Karena mereka adalah orang-orang yang senantiasa belajar dari semua proses dinamika kehidupan selama menjadi Mahasiswa. Mereka Terpilih karena Pantas, bukan Pantas karena mereka Beruntung!

APA YG MEREKA CARI? Pastinya kebahagiaan. Bahagia dengan pekerjaan yang mereka cari dan mereka dapatkan [setelah itu baru bahagia dengan keluarga, pasangan hidup yang mereka cari dan mereka dapatkan]. Sebuah hal wajib bagi seorang sarjana. Pekerjaan!! Sebuah kegiatan menjual aktifitas hidup, menukar segala sisi intelektual yang ia miliki & ia dapatkan di kampus dengan upah yang ditawarkan dan disejui dengan “pemilik perusahaan”. Layaknya roda nasib yang terus berputar, kadang lambat, kadang cepat, malah terkadang berhenti dalam waktu yang cukup lama. Mungkin seperti itu kondisi yang akan dilalui oleh seorang sarjana, siap ato’ tidak...

Kepadamu SARJANA,..Semoga ilmu yang kalian dapatkan berguna untuk abdi NUSA & BANGSA.

..yang Terpilih belum tentu Beruntung..






0 comments:

Post a Comment